Tempat Wisata Taman Sari Jogjakarta, Mahakarya Jawa Portugis Paling Artistik

Taman Sari Jogjakarta, Mahakarya Jawa Portugis Paling Artistik – Ada yang super unik nih dari destinasi wisata Taman Sari Jogjakarta. Bisa bayangkan tidak, situs Jawa yang sangat kental dipadukan dengan sentuhan arsitek Portugis masa lampau? Kesan sakral dan juga keren berpadu menjadi kesatuan yang ciamik dan pastinya sangat menggoda untuk dikunjungi. Yuk intip lebih lanjut suguhan daya tarik apa saja yang tersimpan untuk tempat wisata keren yang satu ini.

  1. Panorama Water Castle

Masuk pertama kali ke area destinasi wisata Taman Sari pastilah kesan utamanya yakni dikelilingi dengan berbagai macam kolam kuno nan artistik di banyak sisi. Memanglah kekuatan daya tarik utama tempat wisata ini ada pada sebutannya sebagai Istana Air ataupun Water Castle. Namun karena ini wilayah cagar budaya, kita hanya bisa melihat tanpa dibolehkan berenang.

objek wisata taman sari jogjakarta » Tempat Wisata Taman Sari Jogjakarta, Mahakarya Jawa Portugis Paling Artistik

Banyak kolam yang didesain serasi dengan gapura-gapura batu yang penuh dengan ukiran cantik sarat nilai historis. Di tempat wisata satu ini umumnya peninggalan kolam-kolam tersebut terbagi menjadi tiga fungsi. Ada bekas kolam yang khusus untuk para raja, khusus untuk para selir raja dan juga ada yang khusus untuk para putra-putri raja. Sangat menarik, bukan?

  1. Keunikan Sumur Gumuling

Ada satu spot yang sangat menarik di Taman Sari Jogjakarta ini. Dan area satu ini kerapkali menjadi tempat favorit para pengunjung yang utamanya ingin mengambil foto pre-wedding mereka. Memang desain unik serta beragam detail ornamen memukau di sekitarnya tak aneh jika menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Spot tersebut bernama Sumur Gumuling. Dahulu kala tempat ini difungsikan sebagai masjid bawah tanah yan aktif digunakan. Terdapat pula lima tangga unik di sekelilingnya yang menuju satu tempat tertinggi, kemungkinan kala itu difungsikan sebagai tempat mengumandangkan adzan. Bentuk masjid itu melingkar 360 derajat dan membuatnya terlihat semakin menawan.

  1. Benteng Artistik

Taman Sari Jogjakarta sangatlah unik. Kental dengan keindahan seni bercita rasa tinggi, ternyata ada andil arsitektur Portugal dalam riwayat pembangunannya di masa sejarah kerajaan yang lampau. Jadi tak hanya menawan, namun bangunannya pun terlihat unik dan kokoh dengan perpaduan dua basic kultur yang berbeda.

Dulu kala ini difungsikan juga sebagai benteng pertahanan kerajaan di kala masa peperangan. Bangunan klasik yang kokoh kentara kental dengan sentuhan perpaduan kultur indah mulai dari gerbang utama, tempat pemandian hingga bangunan benteng di dalamnya. Berkunjung ke sini, Anda akan disuguhi dengan kemegahan sejarah yang tak lekang oleh zaman.

Bagaimana, apakah Anda langsung tertarik untuk meluangkan waktu berlibur ke Taman Sari Jogjakarta? Banyak spot kece yang pastinya instagramable banget lho. Barangkali untuk yang mau pre-wedding juga bisa saja atur jadwal pemotretannya di sini. Jarang-jarang lho ada situs budaya lokal yang berkolaborasi sangat apik dengan kultur budaya luaran.