6 Jenis Camilan Malam Hari yang Tidak Akan Membuat Anda Gemuk

Jenis Camilan Malam Hari yang Tidak Membuat Gemuk – Mengemil di malam hari merupakan salah satu pantangan bagi kesehatan paling utama untuk mereka yang tengah menjalani program diet menurunkan berat badan, tetapi sebaiknya anda tidak harus membatasi diri anda sendiri terlalu ketat. Bahkan menurut Time.com dalam salah satu artikelnya menuliskan bahwa mengemil di malam hari ternyata dapat menstabilkan kadar gula darah di malam hari, sehingga membuat anda merasa lebih berenergi saat terbangun nanti.

Ngidam makanan di malam hari cenderung menyerang mereka yang makan malam terlalu cepat atau memiliki aktivitas yang sangat padat di siang hari. Meskipun memang benar bahwa mengemil di malam hari dapat membuat anda gemuk, tetapi jika anda mampu memilih makanan yang tepat malah justru akan menguntungkan.

Lantas, makanan apa saja yang harus dipilih? Silahkan simak beberapa makanan dan camilan di malam hari yang tidak akan membuat anda gemuk yang telah kami rangkum di bawah ini.

Kacang Almond

kacang almond » 6 Jenis Camilan Malam Hari yang Tidak Akan Membuat Anda Gemuk

kacang almond

Almond merupakan salah satu jenis kacang tersehat yang dapat anda konsumsi di malam hari. Satu ons dari kacang ini saja sudah menyediakan sekitar 6 gram protein yang dapat membuat anda merasa kenyang sepanjang malam. Beberapa penelitian lainnya pun mengatakan bahwa almond ternyata mengandung senyawa triptofan, yaitu sejenis asam amino yang dapat membantu anda merasa lebih rileks dan tertidur dengan lebih nyenyak di malam hari. Ditambah lagi dengan berbagai macam kandungan bermanfaat lainnya seperti magnesium yang dapat merileksasikan otot-otot anda.

Popcorn

Selanjutnya, Livestrong.com juga menuliskan bahwa popcorn bisa menjadi salah satu kudapan rendah kalori di malam hari yang juga kaya akan serat. Selama anda tidak mencampurnya dengan mentega atau tidak dimasak di dalam microwave, popcorn merupakan camilan yang sangat sehat yang bisa anda konsumsi di malam hari. 3 cangkir dari popcorn mengandung 90 kalori dan 1 gram serat.

Keju

Keju menjadi pilihan anda selanjutnya untuk dijadikan sebagai kudapan sebelum tidur karena kandungan lemak dan protein yang dimilikinya. Hampir sama dengan almond, keju juga mengandung triptofan yang dapat meningkatkan rasa kantuk sehingga membantu anda tertidur lebih mudah.

Yogurt dengan Strawberry

Jika anda menginginkan sesuatu yang manis sebelum tidur, maka yogurt yang ditambahkan strawberry sebagai topping-nya merupakan pilihan yang terbaik untuk anda. Yogurt yang harus anda pilih adalah yogurt polos tanpa pemanis buatan, sehingga strawberry bisa menjadi pemanis alami untuk kudapan tersebut.

Yogurt sendiri mengandung kalium yang dapat membantu menangani insomnia. Sementara stroberi mengandung vitamin B6 yang dapat meningkatkan produksi melatonin di dalam tubuh anda untuk membantu tidur anda menjadi lebih berkualitas.

Pisang

Buah manis dan lezat ini mengandung banyak sekali manfaat nutrisi yang tidak akan meningkatkan lingkar pinggang anda. Menurut AuthorityNutrition.com, sebuah situs kesehatan yang kini sudah bergabung dengan Healtline.com menuliskan bahwa pisang dikemas dengan vitamin C dan vitamin B6, ditambah dengan magnesium dan zat besi. Satu buah pisang berukuran sedang saja sudah mengandung 30 gram karbohidrat dan 3 gram serat, serta memiliki senyawa melatonin yang dapat membantu anda tidur dengan lebih baik.

Coklat Hitam

Hampir semua orang menyukai coklat, terutama kaum wanita. Makanan ini juga bisa mengobati perasaan ngidam anda terhadap makanan manis di malam hari. Berbeda dengan kebanyakan coklat yang sudah dicampur susu atau coklat putih, coklat hitam cenderung dapat memberikan anda manfaat kesehatan.

Pastikan juga anda memilih coklat hitam dengan kandungan 70% kakao. Beberapa manfaat coklat hitam jika dijadikan sebagai camilan di malam hari diantaranya dapat melawan peradangan, menenangkan suasana hati, serta membantu menurunkan tekanan darah anda.