Memilih Gudang Nol Jalan? Pertimbangkan Faktor Berikut Ini!

Tahukah anda apa yang dimaksud dengan gudang nol jalan? Apa pula yang mesti dipertimbangkan saat ingin menyewa atau membeli jenis properti sebagai tempat penyimpanan yang satu ini?

Bagi perusahaan yang berencana ingin membangun pabrik maka tentunya akan membutuhkan pertimbangan secara cermat ketika memilih lokasi gudang. Dalam pemilihan lokasi gudang maka biasanya dipilih lokasi yang strategis sehingga bisa meminimalisir biaya transportasi agar bisa semakin memaksimalkan pendapatan.

Meskipun begitu, pemilihan gudang yang strategis biasanya juga ditentukan oleh kombinasi biaya serta kecepatan pengiriman. Bila sudah demikian maka anda bisa membeli gudang dijual nol jalan sebagai salah satu solusi yang cepat dan tepat.

Selama ini banyak perusahaan yang tidak sembarangan ketika memilih lokasi gudang. Dimana pemilihan lokasi gudang tersebut memang bisa memaksimalkan keuntungan sehingga diperlukan lokasi yang strategis. Selama ini kebanyakan perusahaan memilih gudang nol jalan sebagai tempat penyimpanan logistik maupun barang-barang perusahaan sebelum didistribusikan ke pelanggan.

lokasi gudang nol jalan » Memilih Gudang Nol Jalan? Pertimbangkan Faktor Berikut Ini!

Alasan Memilih Lokasi Gudang Nol Jalan

Bagi pelaku bisnis gudang yang ada di nol jalan memiliki nilai yang sangat strategis karena berbeda dengan kebanyakan jenis gudang lainnya. Tetapi sebelum anda memilih gudang yang ada di nol jalan maka berikut ini terdapat beberapa faktor yang perlu anda pertimbangkan diantara sebagai berikut.

  1. Letak Konsumen atau Pasar
    Dalam pemilihan lokasi gudang di nol jalan sebaiknya tempatkan bangunan properti tersebut dekat dengan daerah konsumen. Hal ini bertujuan untuk memudahkan perusahaan untuk mengetahui perubahan selera konsumen, memperkecil risiko kerusakan dalam proses pengangkutan terutama untuk barang yang tidak tahan lama.
  2. Sumber Bahan Baku
    Upayakan lokasi gudang tersebut dekat dengan wilayah bahan baku sehingga bisa meminimalisir terjadinya kerusakan pada bahan baku produk. Semakin lama perjalanan memperoleh bahan baku maka risiko rusak dan mengalami penyusutan juga semakin besar. Biasanya gudang dipakai tidak hanya untuk menyimpan barang yang sudah selesai di produksi tetapi juga bahan baku yang akan diproduksi.
  3. Sumber Tenaga Kerja
    Untuk semakin meningkatkan kinerja pengelolaan gudang maka dibutuhkan tenaga kerja yang ahli dan bisa bekerja secara profesional. Pihak perusahaan perlu memilih lokasi gudang yang memungkinkan adanya masyarakat sekitar yang bisa menjadi tenaga kerja di dalam gudang nantinya agar lebih efisien dan dapat menekan biaya yang tak terduga..
  4. Air dan Listrik
    Pastikan lokasi gudang tersebut memenuhi kebutuhan listrik dan air untuk operasional tipe properti yang satu ini. Namun kebutuhan tersebut bisa disesuaikan dengan jenis barang yang akan disimpan di dalam gudang.
  5. Transportasi
    Upayakan lokasi gudang memang benar-benar strategis dan dekat dari berbagai akses transportasi seperti bandara, jalan tol, kereta api dan lain sebagainya. Akses transportasi yang mudah tidak hanya memperlancar proses distribusi barang tetapi juga memudahkan tenaga kerja yang bekerja di dalam gudang tersebut.
  6. Suhu Udara
    Ketika akan memilih lokasi gudang nol jalan pertimbangkan juga suhu udara di kawasan lokasi gudang tersebut. Pastikan suhu udaranya aman dan cocok untuk jenis barang yang akan disimpan di dalam gudang sehingga bisa menyimpan barang dengan aman dan tiak akan mengalami kerusakan untuk jangka waktu tertentu.

Itulah tadi penjelasan singkat yang semoga bisa membantu anda memilih lokasi gudang yang tepat dan strategis sehingga akan memaksimalkan penyimpanan barang perusahaan anda. Melalui informasi mengenai hal-hal yang perlu dipertimbangkan ketika akan memilih gudang nol jalan di atas semoga bisa menjadi bahan pertimbangan anda.