Ini Penyebab dan Cara Mengatasi PC yang Sering Restart Sendiri

Penyebab dan Solusi PC yang Sering Restart Sendiri – PC atau personal computer memang bisa dikatakan lebih tangguh dibandingkan dengan laptop. Ketangguhan PC dibandingkan dengan laptop ini tidak lain disebabkan karena komponennya memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari komponen laptop.

Namun demikian, ketangguhan PC dibandingkan dengan laptop ini tidak selalu menjadi jaminan bahwa PC tidak akan pernah mengalami kerusakan. Meskipun lebih tangguh, PC tetap saja bisa mengalami kerusakan. Salah satu contoh kerusakan fatal pada PC adalah seperti sering mengalami restart atau booting lagi dari awal ketika digunakan.

Lalu sebenarnya apa penyebab PC restart sendiri dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Mari pelajari selengkapnya mengenai penyebab PC restart sendiri dan juga cara mengatasinya di artikel ini.

Ketahui Beberapa Hal yang Sering Menjadi Penyebab PC Restart Sendiri

Berbicara mengenai kerusakan pada PC, memang salah satu kerusakan yang cukup parah adalah PC sering restart ketika sedang digunakan atau bahkan setelah masuk kedalam sistem operasi.

Ada banyak sekali penyebab PC restart sendiri. Sayangnya, mayoritas penyebab PC restart sendiri tersebut bukan hal biasa yang diketahui oleh orang-orang awam. Bila anda saat ini sedang mengalami masalah tersebut, berikut ini adalah beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan PC anda sering restart sendiri ketika digunakan:

  • Temperatur suhu prosesor melebihi ambang batas aman

Prosesor merupakan otak dari sebuah PC. Prosesor adalah yang melakukan proses pengolahan data. Ketika mengolah data, prosesor pasti akan meningkatkan temperature suhunya.

Peningkatan temperatur suhu prosesor memang sangat wajar dan memang harus terjadi. Namun demikian, setiap prosesor sudah dibekali dengan teknologi safety untuk mengurangi kerusakan akibat peningkatan suhu yang tidak wajar.

Teknologi safety yang dibenamkan di dalam prosesor tersebut akan membuat prosesor secara otomatis melakukan restart setiap kali temperatur suhunya melebihi ambang batas normal.

Selain restart, terkadang prosesor yang sudah terlalu panas juga bisa mematikan semua perangkat komputer secara otomatis. Pada umumnya, anda tidak akan bisa menghidupkan komputer dalam waktu beberapa menit jika memang prosesor anda mengalami masalah over heating.

Sampai saat ini, memang penyebab PC restart sendiri yang paling banyak adalah dikarenakan suhu prosesor yang terlalu tinggi atau melebihi ambang batas aman penggunaan.

  • Kerusakan sistem operasi yang digunakan komputer

Penyebab PC restart sendiri tidak hanya dikarenakan peningkatan suhu prosesor saja. PC juga bisa mengalami restart dikarenakan adanya kerusakan sistem operasi.

Sistem operasi merupakan software utama yang membuat komputer bisa digunakan untuk berbagai macam hal. Sistem operasi bisa dikatakan sebagai induk dari perangkat lunak di dalam komputer.

Sistem operasi ini juga bisa mengalami kerusakan seperti halnya perangkat keras pada PC. Ketika sistem operasi di dalam komputer mengalami kerusakan, ada banyak sekali hal yang bisa terjadi, dan salah satunya adalah PC sering restart sendiri.

Penyebab dan solusi PC tiba tiba Restart Sendiri » Ini Penyebab dan Cara Mengatasi PC yang Sering Restart Sendiri

Mayoritas PC yang mengalami kerusakan di bagian sistem operasinya memang sering mengalami restart. Hal tersebut terjadi karena prosesor tidak bisa menemukan file-file sistem operasi yang dibutuhkan untuk menghidupkan PC anda.

Jadi jika saat ini PC anda sering gagal masuk ke sistem operasi kemudian langsung restart sendiri, mungkin anda perlu mencoba masuk sistem operasi dengan menggunakan safe mode terlebih dahulu.

Jika anda berhasil masuk kedalam sistem operasi yang terpasang di dalam komputer anda melalui safe mode, dan komputer anda tidak mengalami restart lagi, berarti masalahnya memang terletak pada kerusakan pada sistem operasi yang anda gunakan.

  • Kerusakan pada salah satu perangkat keras

PC juga bisa mengalami restart sendiri jika ada salah satu perangkat keras yang mengalami kerusakan. Jadi penyebab PC restart sendiri bukan selalu dikarenakan prosesornya saja.

PC juga bisa mengalami restart terus menerus ketika perangkat keras seperti RAM mengalami kerusakan. Ketika RAM mengalami kerusakan, biasanya PC tidak hanya akan restart terus menerus, namun PC juga akan mengeluarkan bunyi bip panjang.

Namun suara bip tersebut hanya akan terdengar jika motherboard yang anda gunakan dilengkapi dengan speaker kecil.

Cara Mengatasi Masalah PC Sering Restart Sendiri

Anda sudah mengetahui beberapa penyebab PC restart sendiri. Selanjutnya anda bisa mempelajari mengenai bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi masalah PC yang sering restart sendiri baik dari segi perangkat keras maupun perangkat lunaknya:

  • Memastikan prosesor tidak terlalu panas ketika digunakan

Karena salah satu penyebab PC restart sendiri adalah dari prosesor yang terlalu panas, maka cara untuk mengatasi masalah PC yang restart sendiri yang pertama adalah memastikan bahwa prosesor tidak sampai over heating.

Ada banyak sekali cara untuk memastikan agar prosesor tidak sampai mengalami over heating. Beberapa cara yang paling mudah dilakukan adalah memastikan heat sink sudah terpasang dengan benar, mengganti pasta pendingin prosesor secara berkala, dan membersihkan kipas heat sink dari debu.

  • Melakukan recovery atau install ulang sistem operasi yang mengalami kerusakan

Jika penyebab PC restart sendiri yang anda alami lebih dikarenakan sistem operasinya, maka ada 2 hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara pertama adalah dengan melakukan recovery sistem operasi. Cara ini cukup praktis karena anda tidak perlu melakukan back up data maupun memasang ulang seluruh software yang ada di dalam PC anda.

Namun demikian, jika recovery sudah tidak bisa dilakukan untuk mengatasi PC yang sering restart, maka solusi terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan install ulang sistem operasi di dalam PC.

  • Mengganti perangkat keras yang mengalami kerusakan

Jika penyebab PC restart sendiri adalah karena adanya perangkat keras yang mengalami kerusakan, maka solusi satu-satunya adalah dengan menggantinya dengan yang baru.

Namun demikian, sangat jarang sekali orang mengalami masalah PC restart sendiri disebabkan karena adanya kerusakan perangkat keras. Jika terjadi kerusakan pada perangkat keras, pada umumnya komputer anda tidak akan mau dinyalakan.

Sekilas memang penyebab PC restart sendiri tidak tampak begitu berbahaya. Namun jika hal-hal yang menjadi penyebab PC anda sering restart tersebut tidak segera diatasi, kemungkinan besar anda harus siap-siap untuk membeli PC baru.