WhatsApp, Facebook, dan Instagram dilanjutkan setelah penurunan terbesar dalam sejarah mereka

  • Share

Setelah lebih dari enam jam terputus, layanan diberikan kembali, meskipun masih bermasalah

WhatsApp , Facebook, Instagram dan Messenger mulai normal kembali. Layanan telah dilanjutkan kembali setelah tengah malam Selasa ini, meskipun masih dengan beberapa masalah.

Facebook mengindikasikan Senin malam dalam sebuah pernyataan bahwa gangguan besar pada jaringan dan layanan pesannya disebabkan oleh “perubahan konfigurasi yang salah” dari servernya, yang mencegah pengguna mengakses platform, Instagram, WhatsApp atau Messenger selama sekitar tujuh jam. “Kami menyampaikan permintaan maaf kami kepada mereka yang terkena dampak,” tambah Facebook, merujuk pada kemungkinan miliaran orang di dunia, menurut berbagai pakar keamanan siber.

Kemarin sore mereka mulai mengalami penurunan di seluruh dunia yang mencegah pengguna menggunakan platform – semuanya dimiliki oleh Facebook – dengan benar. Putusan itu dimulai sekitar pukul 17:30 di Spanyol dan perusahaan media sosial milik Mark Zuckerberg telah mengambil beberapa jam untuk menerapkan solusi.

Menurut situs ‘ Downdetector’ , sehubungan dengan Spanyol, sebagian besar laporan kesalahan berasal dari kota-kota seperti Madrid, Barcelona atau Santiago de Compostela; Meskipun, dari apa yang dapat dilihat di jejaring sosial seperti Twitter dan di platform itu sendiri, yang mengkhususkan diri dalam merekam masalah di alat digital, keputusan itu memengaruhi negara-negara di seluruh dunia .

Mengenai WhatsApp, alat itu tidak dapat terhubung, jadi, saat ini, bagi banyak pengguna itu sama sekali tidak berguna: tidak memungkinkan untuk mengirim atau menerima pesan. Hal yang sama terjadi dengan Instagram dan Facebook , yang menurut laporan, tidak mengunggah publikasi baru atau mengizinkan konten untuk dibagikan.

Jejaring sosial mengklaim, dalam kata-kata juru bicara, bahwa mereka menyadari bahwa beberapa orang memiliki masalah dalam mengakses aplikasi dan layanannya. “Kami sedang mengupayakan agar semuanya kembali normal secepatnya dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya”, lengkap tanpa memberikan detail penyebab dan perkiraan waktu pemulihan layanan.

Kemungkinan masalah DNS

Menurut Diego Suárez, direktur perusahaan Transparente Edge Services, kegagalan dapat disebabkan ” karena masalah DNS “: “Catatan yang menerjemahkan nama domain yang kita semua gunakan, seperti facebook.com, ke alamat IP dari mesin yang Mereka melayani kami konten mereka telah menghilang sore ini setelah 17:30 waktu Spanyol ».

Menurut ahli, “tanpa catatan ini, browser dan ‘aplikasi’ tidak tahu bagaimana ‘menemukan’ server yang mengirimkan konten jejaring sosial.” Mengenai waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah, Suárez menunjukkan bahwa “kesalahan ini biasanya disebabkan oleh perubahan besar dalam infrastruktur , yang memengaruhi semua jejaring sosial yang dimiliki oleh Facebook secara bersamaan. Jika ini masalahnya, membalikkan perubahan adalah solusinya, tetapi, tergantung pada besarnya perubahan, dapat memakan waktu dari beberapa menit hingga satu jam.

Sejak musim gugur terjadi hingga pukul 18:00, lebih dari 33.000 pengguna telah melaporkan bahwa WhatsApp memberi mereka masalah. Dalam kasus Instagram mereka telah mencapai 11.000 dan dalam kasus Facebook 4.000.

Saham FB ditutup turun hampir 5%

Saham Facebook anjlok 4,89% Senin ini menjadi $326,23 karena gangguan parah pada platform dan aplikasi Instagram dan WhatsApp-nya, lapor AFP.

Dari level tertinggi pada awal September, saham telah kehilangan 15%.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *